Tutup Pelatihan dan Uji Kompetensi Soal Limbah, Ketua PPSLI Sumut Apresiasi Peserta

Tutup Pelatihan dan Uji Kompetensi Soal Limbah, Ketua PPSLI Sumut Apresiasi Peserta

topmetro.news – Ketua PPSLI Sumut, Rangkaian kegiatan ‘Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelolaan Limbah‘, yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 5 Agustus 2022, di Bahrain Room Hotel Madani Medan, berakhir dengan sukses.

Setelah dua hari mengikuti pelatihan pengelolaan limbah (3-4 Agustus 2022), maka, Jumat (5/8/2022), para peserta menjalani uji kompetensi.

Ada pun uji kompetensi tersebut berlangsung dalam dua sesi, yaitu ujian tertulis dan lanjut dengan wawancara. Sedangkan penguji adalah Dr Ir Diah Susilowati MT, yang khusus datang dari Surabaya.

Pada kesempatan itu, Dr Ir Diah Susilowati MT, sebagai narasumber dan penguji menyebut, perlunya pengalaman untuk mendukung sertifikat yang ada. Ia mengatakan, kepemilikan sertifikat bukan satu-satunya yang menandakan keberhasilan seorang manager atau operator.

“Kepemilikan sertifikat bukanlah satu-satunya bagi seorang manager atau operator untuk menjadi SDM yang behasil. Karena banyak manager dan operator memiliki banyak sertifikat, tetapi minim pengalaman. Yang lebih baik, sertifikat harus dilengkapi dengan banyak pengalaman dan pengetahuan,” sebutnya.

Sedangkan Ketua DPP (Dewan Pimpinan Provinsi) PPSLI (Perkumpulan Pengelola Sampah dan Limbah Indonesia) Sumatera Utara Drs Tumpal Sitorus pada sambutan sebelum pelaksanaan uji kompetensi berharap, agar peserta dapat mengaplikasikan apa yang mereka peroleh selama pelatihan dan uji kompetensi.

“Kepada Bapak dan Ibu peserta pelatihan dan sertifikasi uji kompetensi. Kita harapkan apa yang disampaikan oleh Bu Diah dapat kita maknai dengan nilai positif dalam memotivasi diri dalam pengembangan pengetahuan yang dapat kita aplikasikan dalam kegiatan kerja dan menguntungkan perusahaan,” sebutnya.

Peningkatan Kapasitas

Sebagaimana berita sebelumnya, pelatihan dan uji kompetensi tersebut adalah dalam rangka peningkatan kapasitas bagi dunia usaha dalam memenuhi sertifikasi kompetensi. Hal ini sesuai dengan amanat beberapa peraturan terkait. Penyelenggara adalah PPSLI Sumut bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup Nasional (LSP LHNas) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Para narasumber pelatihan adalah Dr Indra Utama SE MSi (Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah – OPPA). Lalu Dr Eng Arie Dipareza Syafei (Penanggung Jawab/Manajer Pengendalian Pencemaran Udara – MPPU), berlangsung dengan cara online ‘Zoom Meeting’. Kemudian Prof Dr Ir Teguh Soedarto MP, juga melalui ‘Zoom Meeting’ (Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Limbah B3 – OPLB).

Sementara, Jumat (5/8/2022), berlangsung uji kompetensi dengan penanggung jawab, LSP Lingkungan Hidup Nasional. Penguji adalah assesor dari LSP LHNas, Dr Ir Diah Susilowati MT.

Usai uji kompetensi, sekaligus hari terakhir kegiatan, kepada media, Ketua PPSLI Sumut Drs Tumpal Sitorus kembali menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang sudah mengirimkan peserta untuk ikut pelatihan serta uji kompetensi.

“Dan saya juga berharap agar instansi terkait turut memotivasi perusahaan-perusahaan. Agar ke depan, perusahaan lainnya ikut mengirimkan peserta mengikuti pelatihan dan uji kompetensi soal limbah ini,” kata Drs Tumpal Sitorus yang saat itu bersama-sama dengan pengurus PPSLI lainnya. Seperti, Toga Sitorus, Drs Daud Simanjuntak, dan Adam (PPSLI Pusat).

Tak lupa ia menyampaikan harapan, agar ke depan, semakin banyak perusahaan yang turut mengirimkan peserta ikut pelatihan dan uji kompetensi. “Saya kira ini adalah amanah undang-undang yang harus sama-sama kita jalankan,” tutupnya.

Reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment